Mahasiswa Mata Kuliah PSDM Selenggarakan Seminar Exclusive Mental Health

Semarang, 27 Mei 2023 – Pada hari Sabtu, 27 Mei 2023, sebuah seminar eksklusif tentang kesehatan mental telah diadakan di gedung A6 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Exclusive Mental Health Seminar (nama kegiatan tersebut) merupakan seminar yang diadakan oleh mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah semester 2. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman terkait kesehatan mental pada mahasiswa. Seminar ini dihadiri oleh 25 peserta dari beberapa fakultas yang berbeda.

Terdapat sesi khusus yaitu “Healing Session To Explore Your Sadness.” Dalam sesi khusus ini para peserta diminta untuk melakukan butterfly hug atau pelukan kupu-kupu yang mana hal ini bentuk stimulasi mandiri untuk mengungkapkan semua rasa yang ada dalam diri peserta diiringi dengan alunan musik yang menenangkan. Sesi ini dipandu oleh Ajeng Octavia Insani H, S. Psi sebagai pembicara dalam seminar yang sukses membuat tangis peserta pecah. Pada sesi ini peserta diminta untuk menumpahkan segala keluh kesah yang mereka rasakan dan membisikkan kata penyemangat untuk diri mereka sendiri.

Sesi “Healing Session To Explore Your Sadness” ini dianggap sangat bermakna oleh peserta seminar. Salah satu peserta, Ummu Lutfiah Mutmainah, mengatakan “Sesi ini benar-benar menyentuh saya. Saya jadi teringat seberapa struggle nya saya di bulan Mei ini. Banyak hal yang membuat saya sedih, tapi saya berusaha kuat untuk terus bangkit dan menjalani hari-hari saya seperti biasanya karena saya tidak ingin kesedihan saya mempengaruhi orang-orang disekitar.”

Seminar ini berhasil menciptakan ruang yang nyaman untuk peserta berbicara tentang kesehatan mental dan berbagi pengalaman mereka. Seminar semacam ini sangat penting dalam meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya kesehatan mental, harapannya semoga seminar ini dapat membawa efek yang positif untuk para peserta dan juga panitia pelaksana.

#PLSJOSJAYAGEMILANG

#PLSUNNES