Laboratorium Pendidikan Luar Sekolah mengacu kepada dua dimensi: (1) dimensi keahlian Pendidikan Luar Sekolah, (2) dimensi fungsi laboratorium. Masing-masing dimensi memiliki karakteristik, tujuan dan latar belakang teoritik/keilmuan sesuai dengan kerangka kerja yang akan dikembangkan pada laboratorium. Sehingga pada akhirnya dua dimensi tersebut secara bersama-sama memberikan akumulasi pengembangan program laboratorium Pendidikan Luar Sekolah sebagaimana menurut standar baku.

VISI DAN MISI

Visi:

Menjadi laboratorium unggul berwawasan konservasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan pendidikan luar sekolah.

Misi:

  1. Mengenalkan program-program pendidikan luar sekolah kepada masyarakat melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam program Pendidikan luar sekolah dengan mengedepankan wawasan konservasi serta didukung oleh pengembangan sumberdaya berkelanjutan.
  3. Meningkatkan kontribusi dan kerja sama dengan berbagai pihak melalui pengembangan kemitraan dan produk hasil inovasi dan kreasi

Dalam melaksanakan tugasnya, laboratorium memiliki berbagai bidang dengan tugas-tugas di bawah ini:

 Bidang Informasi dan Publikasi

  1. Menyusun sistem Informasi
  2. Melakukan pengelolaan perpustakaan
  3. Dokumentasi inventarisasi
  4. Pengelolaan publikasi ilmiah

 Bidang Penelitian dan Pengembangan

  1. Menyusun desain dan model
  2. Melakukan ujicoba desain dan model.
  3. Formulasi dan dokumentasi desain dan model.
  4. Review desain dan model

 Bidang Pelayanan Masyarakat

  1. Melakukan kerjasama.
  2. Mengelola kegiatan.
  3. Memasarkan program

 Bidang Pendidikan dan Pengajaran

  1. Pengadaan dan pemeliharaan sarana praktikum.
  2. Penjadwalan praktikum dosen dan mahasiswa.