SEMINAR CATATAN PENDIDIKAN INDONESIA : Kita (FIPP) Harus Berbuat Apa?

Pada 28 Agustus 2023, telah dilaksanakan seminar pendidikan dengan tema Catatan Pendidikan Indonesia: Kita (FIPP) harus berbuat apa? Yang diisi oleh KorProdi PLS yaitu Ibu Dr. Mintarsih Arbarini, M.Pd. Seminar ini membahas mengani isu kualitas pendidikan di Indonesia dan Konstribusi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang dalam membuat gebrakan untuk kemajuan pendidikan Indonesia.

Perkembangan pendidikan selalu menjadi topik hangat yang dibahas oleh semua kalangan. Apakah anda mengira negara maju tidak pernah lagi membicarakan pendidikan mereka? Apakah mereka sudah puas dengan capaian pendidikan dari negara tersebut? Jawabannya tentu tidak, pertanyaan ini sering kali dilontarkan karena banyak dari mereka yang tidak merasakan kualitas pendidikan yang baik. Terutama negara Indonesia. Fakta kualitas pendidikan Indonesia masih tergolong rendah, sebanyak 95% penduduk Indonesia hanya lulusan pendidikan SD dan pada tahun 2018, hanya sekitar 20% penduduk yang mengenyam pendidikan perguruan tinggi.

Negara Indonesia harus memperhatikan bahwa investasi pada sumber daya manusia, khususnya pendidikan, perlu dianggap sebagai faktor penting bagi pembangunan. Oleh karena itu, kebijakan perekonomian nasional harus memperhatikan sektor pendidikan. Selanjutnya Ibu Dr. Mintarsih Arbarini, M.Pd menjelaskan penyebab penurunan kualitas pendidikan Indonesia disebabkan Kurangnya niat serta kesungguhan pemerintah dalam menangani pendidikan Kurangnya niat serta kesungguhan pemerintah dalam menangani pendidikan, Campur tangan politik pada dunia pendidikan, Orientasi bidang pendidikan berfokus terhadap fungsi pelayanan saat telah ada sistem serta fasilitas pendidikan maka dianggap kewajiban suatu negara sudah selesai, dan Lemahnya sumber daya manusia (SDM) pengelola pendidikan.

Lantas, kita (FIPP) harus berbuat apa? Yang bisa kita lakukan adalah menggalakan pengembangan sumber daya manusia, komitmen keilmuan, mengasah kreativitas dan inovasi, multy literasi, pengembangan Karakter, serta meningkatkan kompetensi baik pendidik maupun peserta didik. Sebagai pendidik, harus menjadi panutan yang menginspirasi. Pendidik harus mempunyai keterampilan abad 21, kompetensi profesional serta berkarakter mulia.

PLS JOS
PLS JAYA
PLS GEMILANG
PLS JOS, JAYA, GEMILANG


Website: www.pnf.unnes.ac.id
Email: [email protected]
Instagram: pnfunnes
Telp: (024) 8508025
Facebook: Jurusan PLS FIP UNNES