Beri Kuliah Umum di PLS FIP UNNES, Prof. Dr. Mozzes: Pendidikan Mata Pencaharian Merupakan Solusi dalam Pendidikan Masyarakat

Semarang – Guru Besar PLS UNIMA Prof. Dr. Mozzes M. Wullur, M.Pd. memberikan kuliah umum kepada mahasiswa di PLS FIP UNNES, Selasa (24/05). Materi yang disampaikan berjudul “Pendidikan Mata Pencaharian dalam Konteks Pendidikan Masyarakat di Era MBKM”

Acara yang dipadati oleh mahasiswa PLS FIP UNNES ini juga disiarkan secara langsung melalui akun resmi social media youtube Pendidikan Nonformal FIP UNNES. Tiba pada pukul 10.05 WIB, sebelum memasuki ruang kuliah umum. Guru Besar PLS UNIMA menyempatkan diri untuk menghadiri acara pembukaan bulan pendidikan FIP UNNES.

Saat kuliah umum Guru Besar yang kerap di sapa Prof. Mozzes memulai kuliah umum, ada filosofi yang disampaikan mengenai pendidikan mata pencaharian yang harus didasarkan pada belajar inovatif, beajar antisipatif, dan partisipatif.

Menurut Prof. Mozzes besarnya kemiskinan, kesenjangan upah kerja dengan kebutuhan dasar keluarga menjadi tantangan intervensi transformasi pendidikan luar sekolah/pendidikan masyarakat. Kebijakan MBKM menjadi peluang luas menginternalisasi teori keilmuan PLS melalui konsep pemberdayaan masyarakat untuk menjadikan masyarakat berdikari. Harapan saya mahasiswa PLS harus mampu menjalin kemitraan dengan berbagai sektor untuk dapat masuk dan berdinamika dengan lembaga terkait dan masyarakat guna mengimplementasikan keilmuan yang dimiliki untuk berkontribusi dan bermanfaat bagi masyarakat ungkap Prof. Mozzes disambut tepuk tangan mahasiswa.