Persiapkan MBKM Mandiri, PLS FIP UNNES jalin kerjasama dengan Mitra Lintas Sektoral

Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) pada hari Rabu, 26 Februari, 2022 selenggarakan penandatanganan MoA dan IA dengan mitra lintas sektoral. Mitra tersebut meliputi SKB Kab. Semarang, PKBM Budi Lestari, PKBM Max Kidz, PKBM Primagama), Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP VICO), Badan Pengembangan Media Pembelajaran (BPMPK) Kemdikbud), Yayasan Anantaka. Yayasan Kalandara, dan Desa Kalongan Kab. Semarang. Kegiatan penandatanganan MoA dan IA ini dimulai dengan Lagu Indonesia Raya dan Mars UNNES. Dilanjutkan sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari Ketua Jurusan PLS Dr. Mintarsih Arbarini, M.Pd. menyampaikan ingin berkolaborasi kepada lembaga, instansi dan yayasan yang telah menjadi Mitra Jurusan dan bersedia menghadiri kegiatan hari ini. Merdeka belajar yang digagas Menteri Pendidikan Nadiem Makarim tentang Merdeka Belajar – Kampus Merdeka  yang disingkat MBKM. Mahasiswa memilih sendiri tempat MBKM yang diinginkan antara lain: (1) Asistensi mengajar, SKB Kab. Semarang, PKBM Budi Lestari, PKBM Max Kidz, PKBM Primagama), (2) Magang/ Praktik kerja (LKP VICO, Balai Besar  Pendidikan dan Latihan Kerja (BBPLK) Kota Semarang, Badan Pengembangan Media Pembelajaran (BPMPK) Kemdikbud), (3) Proyek Kemanusiaan: Yayasan Anantaka. Yayasan Kalandara. (4) Membangun Desa/ Pengabdian Masyarakat:Desa Kalongan Kab. Semarang. Selain itu Jurusan ingin bersinergi, berkolaborasi dalam kegiatan MBKM di lembaga Mitra.

Dilanjutkan sambutan kedua dari dari Pak Dekan FIP Dr. Edy Purwanto, M.Si. menyampaikan Inovasi tanpa kolaborasi tidak akan pernah tercipta itu, kolabrasi ini yang ingin kami lakukan di era digital ini. Semua Jurusan yang ada di FIP untuk melakukan kolaborasi dan bersinergi dengan mitranya masing-masing. Adanya penandatanganan MoA dan IA yang diselenggarakan Jruusan PLS ini berharap tujuannya adalah dengan adanya kerjasama akan dapat berjalan dengan lancar dan mendatangkan keberkahan untuk jurusan PLS dan untuk Mitra dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Semoga FIP akan menjadi lebih Inspiratif selalu memberikan inspirasi untuk pendidikan di Indonesia.

Paparan terakhir dilanjutkan dari paparan sosialisasi oleh Sekretaris Jurusan PLS Abdul Malik, S.Pd., M.Pd.  menjelaskan tentang rancangan program MBKM dari tahapan dan linimasa dimulai dari 31 Januari 2021 dimulai dari sosialiasi dan pemesanan, pengumuman penempatan, pembekalan, penerjunan, pelaskanaan, penarikan, pelaporan dan luaran dan di akhiri dengan kegiatan seminar hasil yang dilakukan pada tanggal 25 Juni 2022  atau kegiatan dilakukan selama 4 bulan. Adapun rincian kegiatannya antara lain minggu pertama melakukan indentifikasi, minggu kedua dan ketiga merancang program kegiatan, minggu ketiga dan empat belas melaksanan program, dan  minggu ke empat belas dan 15 lima belas melaksanakan evaluasi. Setelah paparan selesai dilanjutkan dengan sesi diskusi dari para peserta yang membahas berkaitan dengan perencanaan yang akan dilakukan, pelaksanaan dilapangan dan evaluasi yang dilakukan, selanjutnya kegiatan terkahir adalah penanda tangan MoA dan IA antara Mitra dan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah tahun 2022.