Expo Kewirausahaan dan Seminar Bersama Lazada

 

Entrepreneurship diapdosi dari Bahasa Perancis, entreprendre yang berarti melakukan (to under take), memulai atau berusaha melakukan tindakan mengorganisir dan mengatur. Entrepreneurship adalah keyakinan kuat yang ada dalam diri seseorang untuk mengubah dunia melalui ide dan inovasinya. Keyakinan ini kemudian ditindaklanjuti dengan keberanian mengambil risikomewujudkan ide dan inovasinya tersebut melalui organisasi yang didirikanya, mulai dari membangun, memelihara, dan mengembangkannya sampai menghasilkan dampak nyata bagi dunia. Esensi dari enterpreneurship tidak hanya sekedar menjalankan bisnis dan mendapat untung yang besar, tetapi enterpreneuship lebih mengarah pada pembentukan karakter yang unggul, seperti jiwa disiplin, kerja keras, jujur, sabar, teliti dan lain sebagainya. Sehingga pada akhirnya jiwa entrepreneurship tidak hanya dapat diterapkan pada aspek dunia bisnis saja tetapi juga bias diterapkan pada aspek kehidupan lainya Enterpreneurship harus dikembangkan melalui digalakan di lingkungan kampus sesuai dengan program kementrian pendidikan dimana program itu bertujuan untuk mengubah mindset di kalangan pelajar dan mahasiswa, dari pencari kerja menjadi wirausaha atau mencetak lapangan kerja sendiri,” tukas Mendikbud melalui keterangan resmi.

Jurusan PLS dalam mewujudkan kampus entrepunial telah memasukkan kewirausahaan dalam kurikulum berupa mata kuliah yang haru ditempuh okeh mahasiswa, berupa mata kuliah manajemen kewirausahaan dan kewirausahaan,serta didukung pengembangan lab kewirausahaan berupa café PNF yang digunakan praktik kewirausahaan bagi mahasiswa. Berdasarkan pada latar belakang, Jurusan Pendidikan Nonformal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, sangat perlu menyelenggarakan kegiatan Expo dan seminar bersama Lazada dalam rangka lebih meningkatkan semangat jiwa kewirausahaan seluruh mahasiswa PNF.

Expo kewirausahaan dan seminar yang diselenggarakan pada tanggal 16 November 2017, mendapat antusias yang cukup banyak dari mahasiswa. Pada kegiatan ini, mahasiswa yang sudah memulai berwirausaha, menampilkan barang-barang dagangannya dalam bentuk stand. Selain untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berwirausaha, melalui kegiatan expo yang bekerjasama dengan Lazada ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa dalam hal peningkatan penjualan dan promosi produk melalui e-commerce.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *