Visi Keilmuan

Menjadi program studi pelopor kecemerlangan pendidikan luar sekolah dalam bidang inovasi pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat berbasis lifelong learning yang berwawasan konservasi dan bereputasi dunia.

Tujuan

Sejalan dengan visi yang, maka Prodi Pendidikan Luar Sekolah diselenggarakan dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Mewujudkan pembelajaran yang menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan profesional di bidang Pendidikan Luar Sekolah berbasis lifelong learning berwawasan konservasi dan bereputasi dunia.
  2. Menghasilkan karya penelitian pendidikan luar sekolah berwawasan konservasi dan bereputasi dunia.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui laboratorium sebagai pusat pengembangan keilmuan dan pengembangan masyarakat.
  4. Manghasilkan wirausahawan bidang pendidikan luar sekolah berorientasi pasar dan perkembangan IPTEK.
  5. Menjalin jejaring dan kemitraan tingkat nasional dan internasional.

Strategi

  1. Meningkatkan mutu pembelajaran melalui peningkatan kualitas SDM, kurikulum, dan sarana prasarana.
  2. Meningkatkan kualitas riset melalui kolaborasi dan publikasi nasional dan internasional.
  3. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat secara profesional yang selaras dengan keilmuan pendidikan luar sekolah.
  4. Mengoptimalkan peran stakeholder dan praktisi dalam mewujudkan wirausahaan bidang pendidikan luar sekolah berorientasi pasar dan perkembangan IPTEK
  5. Melaksanakan Networking dan kerjasama baik secara nasional maupun regional dan internasional.

Keunggulan

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah menghasilkan tenaga kependidikan akademik-profesional yang memiliki kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di dalam pengelolaan lembaga dan program pendidikan serta memberdayakan masyarakat di luar sistem pendidikan persekolahan, baik dalam kualitas maupun relevansinya dengan kebutuhan pembangunan. Adapun kompetensi yang dimiliki jurusan pendidikan luar sekolah adalah:

  1. Pengelola program pendidikan non formal, merencanakan program pendidikan non formal (PNF), melaksanakan program pendidikan non formal (PNF), mengevaluasi program PNF, menguasai substansi keilmuan yang terkait PNF, menguasai pengelolaan program pemberdayaan dan pelatihan masyarakat dan menguasai pengelolaan lembaga pendidikan dan pemberdayaan masyarakat
  2. Pendidik PNF memahami karakteristik dan kebutuhan warga belajar dalam menyelenggarakan program pembelajaran pada PNF, memahami model-model merancang pembelajaran PNF dan menerapkan PNF dan menetapkan strategi pembelajaran yang mendidik pada PNF
  3. Pengembang PNF menguasai penelitian dan pengembangkan untuk mengkaji serta mengembangkan satuan program dan pembelajaran PNF
  4. Memberikan layanan, bimbingan, pendampingan, dan penyuluhan terhap kegiatan pembangunan pada berbagai instansi pemerintah dan lembaga ekonomi dan sosial kemasyarakatan.