Visi

Menghasilkan Lulusan yang unggul  berwawasan konservasi dan bereputasi international.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dan inovatif dalam Pendidikan Luar Sekolah yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.
  2. Mengembangkan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan di bidang Pendidikan Luar Sekolah yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.
  3. Mengembangkan ipteks melalui penelitian inovatif berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.
  4. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya memecahkan masalah kehidupan masyarakat yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.
  5. Mengembangkan jejaring dan kemitraan tingkat nasional dan internasional.

Tujuan

Sejalan dengan visi yang telah dicanangkan dan misi yang dibawa, maka Prodi Pendidikan Nonformal diselenggarakan dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Mewujudkan layanan pendidikan yang unggul inovatif dalam Pendidikan Luar Sekolah yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.
  2. Mewujudkan kegiatan pembelajaran yang menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional di bidang Pendidikan Luar Sekolah yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.
  3. Menghasilkan karya penelitian yang inovatif berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.
  4. Mewujudkan layanan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya memecahkan masalah kehidupan masyarakat yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.
  5. Menjalin jejaring dan kemitraan tingkat nasional dan internasional.

Keunggulan

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah menghasilkan tenaga kependidikan akademik-profesional yang memiliki kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di dalam pengelolaan lembaga dan program pendidikan serta memberdayakan masyarakat di luar sistem pendidikan persekolahan, baik dalam kualitas maupun relevansinya dengan kebutuhan pembangunan. Adapun kompetensi yang dimiliki jurusan pendidikan luar sekolah adalah:

  1. Pengelola program pendidikan non formal, merencanakan program pendidikan non formal (PNF), melaksanakan program pendidikan non formal (PNF), mengevaluasi program PNF, menguasai substansi keilmuan yang terkait PNF, menguasai pengelolaan program pemberdayaan dan pelatihan masyarakat dan menguasai pengelolaan lembaga pendidikan dan pemberdayaan masyarakat
  2. Pendidik PNF memahami karakteristik dan kebutuhan warga belajar dalam menyelenggarakan program pembelajaran pada PNF, memahami model-model merancang pembelajaran PNF dan menerapkan PNF dan menetapkan strategi pembelajaran yang mendidik pada PNF
  3. Pengembang PNF menguasai penelitian dan pengembangkan untuk mengkaji serta mengembangkan satuan program dan pembelajaran PNF
  4. Memberikan layanan, bimbingan, pendampingan, dan penyuluhan terhap kegiatan pembangunan pada berbagai instansi pemerintah dan lembaga ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

Kompetensi Lulusan

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah menghasilkan tenaga kependidikan akademik-profesional yang memiliki kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di dalam pengelolaan lembaga dan program pendidikan, serta memberdayakan masyarakat di luar sistem pendidikan persekolahan, baik dalam kualitas maupun relevansinya dengan kebutuhan pembangunan. Adapun kompetensi yang dimilki Jurusan PLS adalah:
1. Pengelola Program pendidikan nonformal (PNF): merencanakan Program PNF, melaksanakan program PNF, mengevaluasi program PNF, menguasai substansi keilmuan yang terkait PNF, menguasai pengelolaan lembaga pendidikan dan pemberdayaan masyarakat
2. Pendidik PNF: memahami karakteristik dan kebutuhan warga belajar dalam menyelenggarakan program pembelajaran pada PNF, memahami model-model merancang pembelajaran PNF dan menerapkan strategi pembelajaran yang mendidik pada PNF
3. Pengembang PNF: menguasai penelitian dan pengembangan untuk mengkaji serta mengembangkan satuan program dan pembelajaran PNF.

Peluang Kerja Lulusan 

  1. Dirjen PAUD dan DIKMAS Kemendikbud
  2. Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (PP-PAUDNI)
  3. Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)
  4. Pamong Belajar Pendidikan Nnformal Informal (PNFI)
  5. Fasilitator dan Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  6. Fasilitator Desa Insentif
  7. Instruktur PNFI
  8. Instruktur Teknis PNFI
  9. Penilik Pendidikan Luar sekolah (PLS)
  10. Tenaga Lapangan Pendidikan Masyarakat (DIKMAS)
  11. Pengelola dan Penyelenggara PNFI
  12. Administrator PNFI
  13. Laboran PNFI
  14. Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)
  15. Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas)
  16. Kementerian Sosial
  17. Lambaga-lembaga ekonomi dan pemberdayaan sosial masyarakat
  18. Lembaga kursus dan pelatihan
  19. Pusat-Pusat Kegiatan Pendidikan masyarakat (PKBM)
  20. Pendampingan pembangunan desa dan Instansi/lembaga pemberdayaan masyarakat lainnya