Program MBKM

Bentuk pembelajaran program studi Pendidikan luar sekolah dilakukan di dalam prodi dan di luar prodi. Pembelajaran di luar program studi sebagai implementasi dari kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Mengajar (MBKM) terdiri atas: Pembelajaran program studi lain di UNNES, pembelajaran dalam program studi yang sama pada PT di luar UNNES, pembelajaran dalam program studi lain di luar UNNES, dan pembelajaran pada Lembaga Non-PT baik Lembaga pemerintah maupun Swasta. Pembelajaran di luar program studi dilaksanakan berdasarkan kerjasama dengan PT atau Lembaga lain yang terkait. Metode pembelajaran yang digunakan sesuai dengan MBKM meliputi; pembelajaran pemecahan kasus (case method), pembelajaran kelompok berbasis proyek (team- based project), dan pembelajaran berbasis penelitian (research-based learning).

Secara lebih rinci 8 (delapan) aktivitas pembelajaran dipaparkan sebagai berikut:

  1. Magang/Praktek Kerja

Selama ini mahasiswa kurang mendapat pengalaman kerja di industry atau dunia profesi nyata sehingga kurang siap bekerja. Untuk itu, mahasiswa diberikan kegiatan magang di sebuah perusahaan, yayasan nirlaba, organisasi multilateral, institusi pemerintah, maupun perusahaan rintisan (startup) salah satunya program magang bersertifikat yang difasilitasi oleh Dikti. Langkah strategis Prodi PLS dalam kegiatan magang dilakukan melalui praktik magang di beberapa LKP di Jawa Tengah dan BBPLK.

  • Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik

Kegiatan membangun desa memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan yang dimiliki bekerja dengan pemangku kepentingan dan membantu percepatan pembangunan di wilayah pedesaan. Kegiatan membangun desa untuk membantu masyarakat di pedesaan atau daerah terpencil dalam membangun ekonomi rakyat, infrastruktur, dan lainnya. Kegiatan ini dilakukan untuk mengasah mahasiswa melalui pengembangan sociopreneurship yang terintegrasi pada technopreneurship di masyarakat.

  • Pertukaran Mahasiswa

Pertukaran mahasiswa adalah aktivitas mahasiswa mengambil kelas atau semester di perguruan tinggi luar negeri maupun dalam negeri, berdasarkan perjanjian kerjasama yang sudah diadakan Pemerintah. Upaya ini telah diwujudkan Prodi PNF melalui pertukaran Mahasiswa Program Studi baik yang sama maupun program studi yang berbeda di PT dalam maupun luar negeri.

  • Penelitian/Riset

Penelitian riset bagi mahasiswa diupayakan ditingkatkan mutunya. Penelitian ini baik sains maupun sosial humaniora, yang dilakukan di bawah pengawasan dosen atau peneliti. Bentuk kegiatan riset yang dilakukan Prodi PNF yaitu riset yang melibatkan dosen dan mahasiswa mengenai manajemen lembaga, pembelajaran dan pengembangan komunitas disesuaikan dengan pusat kajian laboratorium.

  • Kegiatan Wirausaha

Pada kegiatan wirausaha ini, mahasiswa mengembangkan kegiatan kewirausahaan secara mandiri dibuktikan dengan penjelasan atau proposal kegiatan kewirausahaan dan bukti transaksi konsumen atau slip gaji pegawai. Prodi PLS melakukan terobosan strategis melalui beberapa kegiatan yaitu menjaring mahasiswa dan alumni jurusan pendidikan luar sekolah sebagai pelaksana harian di laboratorium kewirausahaan untuk melatih mahasiswa dalam mengelola usaha kafe serta menjadi mimbar diskusi dalam pengembangan wirausaha offline dan online bagi mahasiswa.

  • Proyek Kemanusiaan

Proyek kemanusiaan diselenggarakan agar mahasiswa dapat mengembangkan sebuah proyek berdasarkan topik sosial khusus dan dapat dikerjakan bersama dengan mahasiswa lain. Mahasiswa secara terlembaga terlibat dalam proyek kemanusiaan dan menyiapkan mahasiswa berjiwa kerelawanan. Kegiatan sosial untuk sebuah yayasan atau organisasi kemanusiaan yang disetujui Perguruan Tinggi, baik di dalam maupun luar negeri. Mahasiswa Prodi PLS dapat ikut serta aktif dalam proyek kemanusiaan pada instansi seperti PMI, Mercy Corp, BNPB dan lain-lain. Bentuk kegiatan ini dilakukan Prodi PLS pada penanganan masalah social di masyarakat bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Kegiatan tersebut meliputi; pemenuhan hak azasi anak, pemenuhan Pendidikan pada anak yang tidak mampu (marginal), penyuluhan HIV/AIDS pada pekerja seks komersial dan LBT di wilayah Pelabuhan.

  • Studi/Proyek Independen

Proyek independent dilakukan sesuai dengan program dari Direktorat Dikti. Sehingga pelaksanaannya mengikuti ketentuan yang diatur dalam program Direktorat Dikti tersebut. Kegiatan proyek independent distrukturkan sesuai dengan mata kuiah yang setara. 20 sks ini dinyatakan dalam bentuk kesetaraan dengan mata kuliah yang ditawarkan yang kompetensinya sejalan dengan kegiatan proyek independent.

  • Asistensi mengajar.

Asistensi mengajar di satuan Pendidikan adalah kegiatan mahasiswa dalam kegiatan mengajar di sekolah dasar, menengah, maupun atas selama beberapa bulan. Sekolah ini dapat berada di lokasi kota maupun terpencil. Prodi PLS melaksanakan kegiatan ini melalui program asistensi mengajar di PAUD nonformal, SPNF SKB dan PKBM.

Berikut daftar lembaga mitra untuk pelaksanaan program MBKM Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidkan Universitas Negeri Semarang Tahun 2022

NoNama LembagaAlamat
1.BBPLK
(Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja)
Jl Brigjen Sudiarto No 118 Semarang Jawa Tengah
2.Desa KalonganJl. Gatotkaca No.141, Rejowinangun, Kalongan, Kec. Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50551
3.LKP Vision College (Vico)Jl. Karang Rejo Raya No.15, Jatingaleh, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50231
4.PKBM Homeschooling HSPGJl. Abdulrahman Saleh No. 246, Manyaran, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50147
5.PKBM MAXKIDZJl. Ngesrep Barat III No. 28 B Srondol Kulon Kec. Banyumanik Kota Semarang
6.SKB UngaranJl. Rindang Asih, Sembungan, Ungaran, Kec. Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50511
7.Yayasan AnantakaJl. Cemara Raya No. 11 Kel. Padangsari Kec. Banyumanik Kota Semarang, Jawa Tengah
8.Yayasan KalandaraJl. Duku No. 57 Lamper Kidul Semarang Jawa Tengah

Linimasa Prgram MBKM Program Studi PLS FIP UNNES Semester Genap 2021/2022

  1. Sosialisasi dan Pemesanan KRS (31 Januari-8 Februari 2022)
  2. Koordinasi Jurusan PLS dengan mitra MBKM (9-20 Februari 2022)
  3. Pembekalan dan Penerjunan (22 Februari 2022)
  4. Pelaksanaan (22 Februari-3 Juni 2022)
  5. Penarikan (6-7 Juni 2022)
  6. Seminar Hasil (8-9 Juni 2022)
  7. Pengumpulan laporan dan Luaran (10-14 Juni 2022)