Jurusan PLS FIP UNNES Gelar Webinar Pelatihan dan Kursus di Era Internet dan Data

0
89

Jurusan pendidikan luar Sekolah ( PLS) FIP UNNES menggelar webinar nasional untuk ketiga kalinya. Hal ini dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap pelatihan dan kursus di Indonesia yang turut merasakan dampak dari pandemic covid-19.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 30 Agustus 2022 ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Bapak Dr. Edy Purwanto, M.Si dan dihadiri oleh 377 peserta dari berbagai latar belakang, diantaranya LKP dan LPK Seluruh Indonesia, SKB SPNF Jawa Tengah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Semarang, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang serta akademisi dan praktisi dari berbagai Lembaga.

Kehidupan pasca covid-19 membuat siapapun harus beradaptasi dengan perubahannya. Termasuk dalam kegiatan pembelajaran pada pelatihan dan kursus “ Setelah pandemic ini, pembelajaran harus berinovasi. Prinsipnya bukan memindah dari offline menjadi online ataupun online kembali ke offline. Namun memberikan nilai tambah.” Tutur Ahmad Suaidi pada pemaparan materinya

Webinar nasional ketiga ini mengusung tema Strategi Kursus dan Pelatihan di Era Internet dan Data. Gait akademisi dan praktisi sebagai narasumber diantaranya  Dr. Tri Suminar, M.Pd ( Koorprodi Magister Pendidikan Luar Sekolah Pascasarjana UNNES), Ahmad Suaidi ( Direktur Utama Blit’Z Business & Consulting ), Agus Manto, S.Pd (CEO Visioncollege.id)

Menurut salah narasumber, yaitu Ibu Dr. Tri Suminar M.Pd “Jika ditinjau dari filsafat ilmu Ontology, Pelatihan sebagai pemenuhan kebutuhan dan upaya untuk meningkatkan atau mengubah perilaku yang seharusnya.’’ Memasuki era society 5.0 pelatihan dan kursus menjadi jawaban dari adanya kesenjangan teknologi dan penekanan pengembangan kompetensi.

Hal ini diperkuat dengan pernyataan narasumber Bapak Agus Manto, S.Pd “Menciptakan pelatihan dan kursus harus sesuai dengan kebutuhan pasar”.