Kerjasama dengan PKBM BINA KARYA Kecamatan Genuk Kota Semarang

0
100

Sasaran kegiatan pengabdian kepada masyakat yang dilaksanakan oleh tim dosen PLS ini adalah tutor atau pendidik pada PKBM Bina Karya. Kegiatan yang bertajuk “Pendampingan Bagi Tutor Pendidikan Keterampilan dengan model ICARE pada PKBM Bina Karya Kecamatan Genuk” ini diketuai oleh Dr. Tri Suminar, M.Pd. Ketua kegiatan pengabdian ini menjelaskan inisiatif kegiatan pengabdian ini berawal dari permasalahan utama mitra, yakni pihak lembaga PKBM seringkali menugaskan para tutor mengikuti program pelatihan, workshop atau pun bimtek inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi tutor dalam mengelola pembelajaran yang bermutu. Namun tujuan lembaga belum tercapai karena terkendala para tutor yang telah mengikuti program pelatihan dan sejenisnya tidak serta merta menerapkan inovasi pembelajaran ke dalam praktik pembelajaran di kelas. Kendala internal dari pihak tutor adalah tidak percaya diri, takut salah, kurangnya pengalaman dan terbatasnya kemampuan mengembangkan kreatifitas dalam ‘membumikan’ inovasi ke dalam praktik.


Solusi atas masalah mitra ini, tim pengabdi yang melibatkan ketua Jurusan PLS FIP, yakni Ibu Dr. Mintarsih Arbarini, M.Pd dan anggota Bapak Imam Shofwan, S.Pd, M.Pd melakukan kegiatan pendampingan tutor dengan model ICARE ((Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension). Sebuah model pendampingan yang didasarkan teori belajar konstruktivisme, belajar bermakna dan kontekstual. Metode pengabdian dilaksanakan dengan kaji tindak langsung (secara blanded learning) ke lembaga PKBM. Teori dan praktik didemonstrasikan dihadapan 13 orang tutor, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.
Kegiatan pengabdian ini juga didukung partisipasi mahasiswa PLS, yakni Sdr. Novi Setyawan dan Sdri Khudaifah. Mereka sangat antusias bisa berbagi ilmu untuk membantu memecahkan masalah yang dihadapi oleh para tutor PKBM Bina Karya dalam menerapkan inovasi pembelajaran ke dalam praktik pembelajaran di kelas pendidikan nonformal. Inovasi pembelajaran yang diusung dalam kegiatan pendampingan ini adalah merancang lembar kerja yang baik sesuai dengan prinsip HOTS (high order thinking skills). Kegiatan diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu, sehingga mengganggu agenda rutin kinerja tutor PKBM selama bulan Agustus 2020. Penguatan pendampingan dilaksanakan melalui daring ( group whatsapp).
Hasil akhir dari kegiatan pengabdian ini adalah perbaikan kinerja tutor, tercapainya kemampuan tutor mengelola pembelajaran yang bermutu menuju profesional pada satuan pendidikan luar sekolah yang dikelola PKBM Bina Karya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here