Seminar Nasional Pendidikan Nonformal : Character Building melalui Pendidikan Nonformal 2017

 

 

 

Pendidikan merupakan cerminan dari keberhasilan atau kegagalan suatu bangsa. Berbagai hal yang terjadi di dalam bangsa ini seperti maraknya kekerasan, tawuran antar suku, tawuran antar etnis, tawuran antar pemeluk agama, atau tawuran yang melibatkan mahasiswa hanya karena hal yang sepele. Padahal seharusnya perbedaan tersebut dapat dipahami dan menjadikan Indonesia memiliki keberagaman yang menjadikan Indonesia semakin kuat, bukan malah sebaliknya, menjadikan Indonesia menjadi carut marut.

Semakin merosotnya karakter bangsa yang salah satunya disebabkan oleh globalisasi, menuntut semua pihak agar membentengi dirinya sendiri dengan pendidikan, yang tak lain dan yang utama ialah melalui pendidikan karakter.

Pendidikan karakter, menjadi keharusan bagi individu atau peserta didik untuk dapat menjalankan peran dan tanggungjawabnya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta dalam tata pergaulan dunia. Oleh karena itu perlu diidentifikasi strategi yang efektif untuk melaksanakan pendidikan karakter tersebut.

Melalui seminar nasional bertajuk “Character Building melalui Pendidikan Nonformal” yang dilaksanakan pada Rabu, 6 September 2017 bertempat di Gedung Dekanat lt.3 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai pentingnya character building” selain itu untuk merumuskan strategi pendidikan character building bagi pendidik untuk Pendidikan Nonformal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *